Pertemuan 3 - Kegiatan Mengajar Hari Pertama - Character Building: Pancasila - BINUS University
CHARACTER BUILDING BINUSIAN 2021 - LC51
Pada hari Selasa, 8 Mei 2018, kelompok 1 melaksanakan kegiatan mengajar hari pertama di TK Bhakti YKKP,
dengan anggota yang hadir:
1. Katya Anastasia Subandhi
( 2101699413 )
2. Bagas Ananta Farizi ( 2101686726 )
3.
Adi Sembada ( 2101701336 )
4.
Emyr Gibran ( 2101697396 )
5.
Faiz Hasanudin ( 2101723450 )
Semua anggota kelompok yang mengajar pada
hari pertama berangkat masing-masing dan langsung bertemu di lokasi
tempat kami mengajar, sekitar pukul 7.30, anggota kelompok sudah berkumpul
semua di TK Bhakti YKKP dan langsung mempersiapkan diri untuk mengajar.
Pertama-tama setelah kami sampai di lokasi,
kami melapor kepada satpam penjaga sekolah maksud dan tujuan kami datang ke
lokasi dan kemudian kami dipersilahkan menunggu di depan ruang kepala sekolah. Ketika
kami sampai di lokasi, ternyata beberapa guru-guru serta anak murid nya sedang
berkumpul di tengah lapangan untuk berfoto bersama dalam rangka memenangkan
sebuah perlombaan.
Setelah itu, kami bertemu dengan Ibu
Nining selaku kepala sekolah untuk menanyakan pembagian kelas yang akan menjadi
tempat kami mengajar pada hari itu dan juga sambil mempersiapkan materi.
Kemudian kami diarahkan ke kelas yang akan
menjadi tempat kami mengajar, hari itu kami mengajar 2 kelas yaitu kelas A4
dengan tim pengajar Faiz, Emyr, dan Adi, dan juga kelas A5 dengan tim pengajar
Katya dan Bagas. Setelah kami diantar ke kelas-kelas tersebut dan sudah
menyiapkan materi, akhirnya kami langsung masuk ke ruangan kelas.
- Kegiatan kelas A5
Tim Pengajar sedang memberikan arahan di kelas A5 |
Kami sudah menyiapkan 2 materi tentang Pancasila
yaitu yang pertama mengenal lambang-lambang dari 5 sila pada Pancasila dan yang
kedua adalah berkreasi mewarnai burung garuda Pancasila. Ketika kami akan
menjelaskan mengenai Pancasila, ternyata murid-murid di kelas A5 semuanya sudah
hafal isi dari Pancasila sehingga cukup memudahkan kami untuk masuk ke materi
selanjutnya.
Materi pertama adalah mencocokkan lima lambang
Pancasila yang ada di burung garuda dengan isi dari Pancasila itu sendiri. Pertama-tama
kami tim pengajar di kelas A5 harus menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa
lambang dari setiap sila pada Pancasila (misalnya Sila pertama dilambangkan dengan
gambar bintang). Setelah kami selesai menjelaskan dan memastikan murid-murid
tersebut paham, kami langsung mengarahkan mereka untuk segera mengerjakkan
tugas yang kami berikan yaitu mencocokkan setiap lambang Pancasila dengan masing-masing
sila nya. Kami sangat senang karena murid-murid di kelas A5 sangat cepat untuk
menangkap materi, jadi cukup membantu kami tim pengajar untuk menjelaskan materi.
Setelah semua murid selesai mengerjakan materi pertama, kami langsung membagikan materi kedua yaitu berkreasi mewarnai burung garuda Pancasila. Kami cukup senang bisa mengajar di TK Bhakti YKKP tersebut karena murid-murid yang sangat antusias dan mudah diajak bekerja sama.
- Kegiatan kelas A4
Kegiatan di kelas A4 (1) |
Di kelas A4 terdapat 11 murid dan 1 guru pendamping
yang akan mendampingi kami selama berproses di dalam kelas. Setelah kami
masuk kedalam kelas hal yang pertama dilakukan adalah menyapa anak-anak TK dan
menjelaskan beberapa pengetahuan singkat tentang Pancasila, serta menjelaskan
kepada adik-adik A4 tentang apa yang dilakukan selama kegiatan ini berlangsung.
Kegiatan Pertama adalah Tepuk Pancasila yang dipandu oleh Guru Pendamping TK. Lalu kami memulai dengan memperkenalkan diri. Setelah itu kami melanjutkan dengan kegiatan mewarnai gambar burung garuda Pancasila.
Faiz bersama dengan adik-adik kelas A4 |
Emyr bersama dengan adik-adik kelas A4 |
Kegiatan di kelas A4 (2) |
Murid-murid kelas A4 |
Berikut ini adalah beberapa hasil karya dari adik-adik kelas A4
dan A5 dan dokumentasi daftar hadir selama kegiatan mengajar
![]() |
Daftar hadir mengajar hari pertama (08/05/2018) |
![]() |
Hasil mewarnai Rani kelas A5 |
![]() |
Hasil mewarnai Kinan kelas A4 |
![]() |
Kegiatan mencocokkan gambar kelas A4 |
Comments
Post a Comment