
 |
Project Luar Kelas
CBDC-TFI
Character Building: Pancasila
PROPOSAL PERIZINAN MENGAJAR
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Taman kanak-kanak
(TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program
pendidikan dini bagi anak usia dini (usia empat tahun sampai memasuki
pendidikan dasar). Taman kanak-kanak juga
dapat dikatakan merupakan tempat pertama dimana seorang anak bisa mengenal
lingkungannya, belajar berproses pertama kali di dalam lingkungannya, dan
mendapatkan pelajaran-pelajaran dasar untuk bisa tumbuh dan berkembang di dalam
lingkungannya. Misalnya pelajaran sopan santun, bekerja sama, menghargai
perbedaan, dan masih banyak lagi. Kita bisa lihat bahwa dari hal ini, tidak
menutup kemungkinan kalau taman kanak-kanak juga berperan penting dalam
membentuk karakter dasar seorang anak didiknya.
Kita semua tahu
bahwa saat ini, banyak kasus di Indonesia yang berhubungan dengan kurangnya
kesadaran untuk menerima perbedaan, dan akhirnya terjadi perselisihan atau
bahkan perpecahan, padahal kita dicipatakan dengan berbagai macam perbedaan dan
seharusnya perbedaan bukan alasan kita untuk memisahkan atau mengkotak-kotakan
seseorang. Dari hal ini, kami ingin membantu menanamkan dan mengembangkan
nilai-nilai persatuan pada perserta didik di TK Bhakti YKKP, karena menurut
kami, nila-nilai persatuan harus dipupuk sejak dini karena nantinya anak-anak
inilah yang juga berperan dalam memajukan Indonesia.
Mata kuliah Character Building Pancasila merupakan
salah satu mata kuliah wajib di Universitas Bina Nusantara dan kegitan sosial
berupa kampanye nilai-nilai persatuan ini merupakan salah satu program kegiatan
dari mata kuliah Character Building Pancasila.
Untuk melaksanakan kegiatan sukarelawan ini, kami akan melakukan kampanye
nilai-nilai persatuan melalui kegiatan seni budaya yang akan diadakan di Taman
Kanak-kanak Bhakti YKKP dan ikut terlibat langsung dalam kegiatan ini. Kami
akan membantu seluruh tim pengajar TK Bhakti YKKP melalui kegiatan luar kampus
kami untuk seluruh peserta didik TK Bhakti YKKP.
1.2 Deskripsi Situasi
Kita hidup di zaman
yang semuanya sudah serba canggih, sumber-sumber informasi sudah sangat mudah
didapatkan. Karena hal ini, anak-anak zaman sekarang banyak yang mudah
terpangaruh dengan nilai-nilai yang kurang menunjukkan persatuan misalnya
tayangan sinetron. Tayangan sinetron seharusnya tidak untuk ditonton anak-anak
karena banyak hal-hal atau nilai-nilai yang kurang menunjukan persatuan
misalnya kita ambil contoh adegan-adegan perkelahian sesama siswi, nantinya
anak-anak yang menonton tayangan tersebut bisa aja mencontoh dan
mempraktikannya di lingkungan bermain atau sekolahnya dan bisa menimbulkan
perpecahan dikalangan pertemanannya.
1.3 Permasalahan
1. Situasi yang memperihatinkan dalam
masyarakat terkait nilai-nilai persatuan dan pengaruhnya terhadap anak-anak.
2. Kurangnya implementasi
dari nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari.hari.
1.4 Tujuan
dan Manfaat Kegiatan
Tujuan
dari kegiatan yang akan kami laksanakan adalah untuk lebih menanamkan rasa
persatuan dan kesatuan dikalangan peserta didik TK Bhati YKKP. Melalui kegiatan
ini, kami berharap semoga kami bisa membantu peserta didik TK Bhakti YKKP dalam
memandang perbedaan bukanlah alasan untuk sebuah perpecahan justru kami ingin
memberikan pelajaran, bahwa perbedaan adalah alasan kita untuk bisa bersatu,
karena melalui perbedaan kita bisa saling belajar dan melengkapi. Kami juga
berharap melalui kegiatan ini, kami bisa membantu para peserta didik TK Bhakti
YKKP untuk menyikapi dan menerima segala bentuk perbedaan. Selain itu, kami
juga berharap semoga nantinya pelajaran yang kami berikan dapat mereka
praktikan dalam kehidupan sehari-hari demi persatuan Indonesia, karena mereka
juga merupakan agen-agen yang berperan penting dalam membawa kemajuan dan
perubahan untuk Indonesia beberapa tahun kedepan.
BAB II
Metode Kegiatan
2.1 Bentuk
dan Rencana Kegiatan
Bentuk
kegiatan yang akan kami jalankan dalam kegiatan sosial kali ini adalah kegiatan
mengajar di Taman Kanak-Kanak. Seperti yang sudah dijelaskan di latar belakang,
kami ingin membantu
menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai persatuan pada perserta didik. Kami ingin mengajak anak-anak di TK
Bhakti YKKP untuk sadar akan pentingnya hidup rukun satu dengan lainnya
walaupun mempunyai perbedaan.
Rencana untuk
kerja sosialnya, kami akan ikut dalam kegiatan belajar mengajar dan akan
didampingi oleh guru-guru dari TK Bhakti YKKP. Kami akan berinteraksi langsung
dengan para murid agar pesan-pesan yang ingin kami sampaikan dapat dipahami.
Menurut peraturan daerah Nomor 27 tahun 1990, tentang Pendidikan Prasekolah Bab
I pasal 1 ayat (2) Pendidikan di Taman Kanak-Kanak dilaksanakan dengan prinsip
bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain sesuai dengan perkembangan
anak didik (Harninik, 2013). Maka dari itu, kami
juga akan menggunakan metode belajar sambil bermain agar para peserta didik
dapat dengan mudah mengerti dan menerima materi yang akan disampaikan. Dengan
menggunakan metode ini juga dapat mendukung perkembangan motorik anak-anak peserta didik. Karena pada usia ini
perkembangan panca indra sangat menonjol, sehingga dalam proses belajarnya pun
menggunakan panca indra (Risaldy, 2004).
Rencana untuk
menjalankan kegiatan ini setiap hari Sabtu selama 4 minggu. Waktu yang kami
tentukan ini dapat berubah, tergantung situasi dan kondisi perkuliahan yang
kami jalankan dan juga jadwal yang akan diatur oleh pihak sekolah.
2.2 Metode
Kegiatan
Sesuai dengan latar
belakang, kami ingin membantu menanamkan dan mengembangkan
nilai-nilai persatuan pada perserta didik sejak dini, dengan
berpartisipasi dan mengikuti kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas.
Kami juga akan menggunakan alat peraga, permainan dan kegiatan-kegiatan seni
(mewarnai, menggambar, menulis, dll) dalam melaksanakan kegiatan. Kegiatan ini
tentunya menyenangkan dan bersahabat. Selain itu, kami juga akan dibantu oleh pihak sekolah dan guru agar
materi yang ingin kamis sampaikan sesuai dengan proses belajar anak-anak
sehingga dapat dimengerti dan diterima dengan baik.
2.3 Waktu
Kegiatan
Survey Tempat
Hari/Tanggal : Senin, 2 April 2018 Tempat :
TK Bhakti YKKP Waktu :
11.00 – selesai
(Kegiatan selanjutnya yang akan
dilaksanakan di sekolah akan didiskusikan lebih lanjut dengan pihak guru.)
|
BAB III
Konsep
Dalam melaksanakan tugas mata kuliah Character Building:
Pancasila yang ditugaskan kepada kami, konsep yang akan kami gunakan dalam
kegiatan ini ialah penerapan nilai-nilai persatuan melalui kegiatan mengajar dengan
kegiatan seni dan permainan yang menanamkan sifat-sifat dan nilai-nilai positif
yang terkandung dalam Pancasila. Kami percaya bahwa kegiatan yang akan kami
lakukan selaku sukarelawan di tempat tersebut bukan hanya menerapkan pribadi
yang positif, namun juga sebagai masyarakat dan generasi muda yang sadar akan
pentingnya menanamkan nilai-nilai universal Pancasila sejak dini. Kami sangat
berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, anak-anak di Taman Kanak-Kanak
Bhakti tersebut dapat mengembangkan
dan menerapkan nilai-nilai positif yang kami coba untuk berikan dan sampaikan
di lingkungan sekitar mereka agar dapat membawa pengaruh yang baik bagi
lingkungan di sekitar dimana anak-anak itu berada.
Daftar Pustaka
Harninik, S. (2013). Upaya
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sintesa Pada Anak
Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun
2012-2013. 2.
Risaldy, S. (2004). Manajemen
Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Zaini, A. (2015,
Januari). Dipetik Maret 2018, dari
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/1432/pdf
Comments
Post a Comment