Proposal Character Building: Pancasila (Program Kampanye Nilai-Nilai Persatuan melalui Kegiatan Keterampilan dan Bermain di Taman Kanak-Kanak)



Project Luar Kelas


CBDC-TFI
Character Building: Pancasila


PROPOSAL PERIZINAN MENGAJAR


BAB I

Pendahuluan

1.1       Latar Belakang

Taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia dini (usia empat tahun sampai memasuki pendidikan dasar). Taman kanak-kanak juga dapat dikatakan merupakan tempat pertama dimana seorang anak bisa mengenal lingkungannya, belajar berproses pertama kali di dalam lingkungannya, dan mendapatkan pelajaran-pelajaran dasar untuk bisa tumbuh dan berkembang di dalam lingkungannya. Misalnya pelajaran sopan santun, bekerja sama, menghargai perbedaan, dan masih banyak lagi. Kita bisa lihat bahwa dari hal ini, tidak menutup kemungkinan kalau taman kanak-kanak juga berperan penting dalam membentuk karakter dasar seorang anak didiknya.

Kita semua tahu bahwa saat ini, banyak kasus di Indonesia yang berhubungan dengan kurangnya kesadaran untuk menerima perbedaan, dan akhirnya terjadi perselisihan atau bahkan perpecahan, padahal kita dicipatakan dengan berbagai macam perbedaan dan seharusnya perbedaan bukan alasan kita untuk memisahkan atau mengkotak-kotakan seseorang. Dari hal ini, kami ingin membantu menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai persatuan pada perserta didik di TK Bhakti YKKP, karena menurut kami, nila-nilai persatuan harus dipupuk sejak dini karena nantinya anak-anak inilah yang juga berperan dalam memajukan Indonesia.

Mata kuliah Character Building Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib di Universitas Bina Nusantara dan kegitan sosial berupa kampanye nilai-nilai persatuan ini merupakan salah satu program kegiatan dari mata kuliah Character Building Pancasila. Untuk melaksanakan kegiatan sukarelawan ini, kami akan melakukan kampanye nilai-nilai persatuan melalui kegiatan seni budaya yang akan diadakan di Taman Kanak-kanak Bhakti YKKP dan ikut terlibat langsung dalam kegiatan ini. Kami akan membantu seluruh tim pengajar TK Bhakti YKKP melalui kegiatan luar kampus kami untuk seluruh peserta didik TK Bhakti YKKP.

1.2       Deskripsi Situasi

Kita hidup di zaman yang semuanya sudah serba canggih, sumber-sumber informasi sudah sangat mudah didapatkan. Karena hal ini, anak-anak zaman sekarang banyak yang mudah terpangaruh dengan nilai-nilai yang kurang menunjukkan persatuan misalnya tayangan sinetron. Tayangan sinetron seharusnya tidak untuk ditonton anak-anak karena banyak hal-hal atau nilai-nilai yang kurang menunjukan persatuan misalnya kita ambil contoh adegan-adegan perkelahian sesama siswi, nantinya anak-anak yang menonton tayangan tersebut bisa aja mencontoh dan mempraktikannya di lingkungan bermain atau sekolahnya dan bisa menimbulkan perpecahan dikalangan pertemanannya.

1.3       Permasalahan

1.      Situasi yang memperihatinkan dalam masyarakat terkait nilai-nilai persatuan dan pengaruhnya terhadap anak-anak.
2.      Kurangnya implementasi dari nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari.hari.

1.4       Tujuan dan Manfaat Kegiatan

              Tujuan dari kegiatan yang akan kami laksanakan adalah untuk lebih menanamkan rasa persatuan dan kesatuan dikalangan peserta didik TK Bhati YKKP. Melalui kegiatan ini, kami berharap semoga kami bisa membantu peserta didik TK Bhakti YKKP dalam memandang perbedaan bukanlah alasan untuk sebuah perpecahan justru kami ingin memberikan pelajaran, bahwa perbedaan adalah alasan kita untuk bisa bersatu, karena melalui perbedaan kita bisa saling belajar dan melengkapi. Kami juga berharap melalui kegiatan ini, kami bisa membantu para peserta didik TK Bhakti YKKP untuk menyikapi dan menerima segala bentuk perbedaan. Selain itu, kami juga berharap semoga nantinya pelajaran yang kami berikan dapat mereka praktikan dalam kehidupan sehari-hari demi persatuan Indonesia, karena mereka juga merupakan agen-agen yang berperan penting dalam membawa kemajuan dan perubahan untuk Indonesia beberapa tahun kedepan.


BAB II

Metode Kegiatan

2.1       Bentuk dan Rencana Kegiatan

Bentuk kegiatan yang akan kami jalankan dalam kegiatan sosial kali ini adalah kegiatan mengajar di Taman Kanak-Kanak. Seperti yang sudah dijelaskan di latar belakang, kami ingin membantu menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai persatuan pada perserta didik. Kami ingin mengajak anak-anak di TK Bhakti YKKP untuk sadar akan pentingnya hidup rukun satu dengan lainnya walaupun mempunyai perbedaan.

Rencana untuk kerja sosialnya, kami akan ikut dalam kegiatan belajar mengajar dan akan didampingi oleh guru-guru dari TK Bhakti YKKP. Kami akan berinteraksi langsung dengan para murid agar pesan-pesan yang ingin kami sampaikan dapat dipahami. Menurut peraturan daerah Nomor 27 tahun 1990, tentang Pendidikan Prasekolah Bab I pasal 1 ayat (2) Pendidikan di Taman Kanak-Kanak dilaksanakan dengan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain sesuai dengan perkembangan anak didik (Harninik, 2013). Maka dari itu, kami juga akan menggunakan metode belajar sambil bermain agar para peserta didik dapat dengan mudah mengerti dan menerima materi yang akan disampaikan. Dengan menggunakan metode ini juga dapat mendukung perkembangan motorik anak-anak peserta didik. Karena pada usia ini perkembangan panca indra sangat menonjol, sehingga dalam proses belajarnya pun menggunakan panca indra (Risaldy, 2004).
Rencana untuk menjalankan kegiatan ini setiap hari Sabtu selama 4 minggu. Waktu yang kami tentukan ini dapat berubah, tergantung situasi dan kondisi perkuliahan yang kami jalankan dan juga jadwal yang akan diatur oleh pihak sekolah.

2.2       Metode Kegiatan

 Sesuai dengan latar belakang, kami ingin membantu menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai persatuan pada perserta didik sejak dini, dengan berpartisipasi dan mengikuti kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas. Kami juga akan menggunakan alat peraga, permainan dan kegiatan-kegiatan seni (mewarnai, menggambar, menulis, dll) dalam melaksanakan kegiatan. Kegiatan ini tentunya menyenangkan dan bersahabat. Selain itu, kami juga akan dibantu oleh pihak sekolah dan guru agar materi yang ingin kamis sampaikan sesuai dengan proses belajar anak-anak sehingga dapat dimengerti dan diterima dengan baik.

2.3       Waktu Kegiatan

Survey Tempat

Hari/Tanggal   : Senin, 2 April 2018               Tempat           : TK Bhakti YKKP               Waktu             : 11.00 – selesai

(Kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan di sekolah akan didiskusikan lebih lanjut dengan pihak guru.)


BAB III

Konsep



           Dalam melaksanakan tugas mata kuliah Character Building: Pancasila yang ditugaskan kepada kami, konsep yang akan kami gunakan dalam kegiatan ini ialah penerapan nilai-nilai persatuan melalui kegiatan mengajar dengan kegiatan seni dan permainan yang menanamkan sifat-sifat dan nilai-nilai positif yang terkandung dalam Pancasila. Kami percaya bahwa kegiatan yang akan kami lakukan selaku sukarelawan di tempat tersebut bukan hanya menerapkan pribadi yang positif, namun juga sebagai masyarakat dan generasi muda yang sadar akan pentingnya menanamkan nilai-nilai universal Pancasila sejak dini. Kami sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, anak-anak di Taman Kanak-Kanak Bhakti tersebut dapat mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai positif yang kami coba untuk berikan dan sampaikan di lingkungan sekitar mereka agar dapat membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan di sekitar dimana anak-anak itu berada.

Daftar Pustaka

Harninik, S. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sintesa Pada Anak Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012-2013. 2.


Risaldy, S. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.

Zaini, A. (2015, Januari). Dipetik Maret 2018, dari http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/1432/pdf

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 1 - Survey TK BHAKTI YKKP - Character Building : Pancasila - BINUS University

Pertemuan 4 - Kegiatan Mengajar Hari Kedua - Character Building: Pancasila - BINUS University