Pertemuan 4 - Kegiatan Mengajar Hari Kedua - Character Building: Pancasila - BINUS University

CHARACTER BUILDING BINUSIAN 2021 - LC51


Pada hari Rabu, 9 Mei 2018, kelompok 2 tim pengajar melaksanakan kegiatan mengajar hari pertama di TK Bhakti YKKP, dengan anggota yang hadir:

         1.        Lydia Easterina Elisabeth Kambey (2101701001)

2.        Alissya Yasmine Maharani (2101707283)
3.        Prima Sekar Veda Uno (2101709603)
4.        Mauritius Mangiring Hutabarat (2101714414)
5.        Reyhan Pranantha (2101685396)

Masing-masing anggota kelompok berangkat menuju lokasi mengajar. Kami berkumpul pukul 07:30 WIB, karena kegiatan mengajar di TK Bhakti YKKP dimulai pukul 07:30 WIB. Setelah sampai di lokasi mengajar, kami segera melapor pada satpam untuk bertemu dengan Ibu Kepala Sekolah, Ibu Nining, untuk melakukan administrasi dan meminta arahan menuju kelas.

Murid-murid berbaris sebelum masuk kelas.
         Kami diarahkan menuju kantor Ibu Nining, lalu melakukan administrasi. Kegiatan mengajar pada hari itu dimulai dengan berbaris di lapangan upacara. Anak-anak murid baris sesuai kelasnya bersama dengan guru kelas masing-masing. Setelah berbaris, anak-anak masuk ke dalam kelas.


         Setelah anak-anak masuk ke dalam kelas, kami diarahkan Ibu Nining ke kelas tempat kami mengajar, yaitu kelas B3 dan B4. Kelas B3 diisi oleh Veda dan Sasya, sedangkan B4 oleh Lydia, Mauritius dan Reyhan.


  • Kegiatan kelas B3
Kegiatan mencocokkan gambar kelas B3 oleh Vier

Tim pengajar kelas B3 adalah Alissya Yasmine dan Veda Uno. Kegiatan mengajar dimulai dengan mengajarkan tentang Pancasila, pertama kami menjelaskan tentang arti lambang burung Garuda. Jumlah bulu yang ada di burung garuda Pancasila.

 Lalu dilanjutkan dengan sedikit permainan bersama adik-adik kelas B3. Seteah permainan, dilanjutkan dengan mewarnai burung garuda sesuai dengan kreasi mereka.

Setelah semua kegiatan selesai kami melanjutkan dengan aktifitas berikutnya, yaitu mencocokkan gambar dari setiap sila Pancasila dengan sila yang sesuai. Selama mengerjakan aktifitas tersebut, kami juga mendampingi dan menjelaskan gambar-gambar tersebut. Setelah selesai mengerjakan semuanya, kami berpamitan lalu foto bersama.



Pengenalan Pancasila

Adik-adik kelas B3 dengan hasil karya mewarnai (1)

Adik-adik kelas B3 mewarnai lambang garuda Pancasila

Mendampingi adik-adik mewarnai



  • Kegiatan kelas B4
Kelas B4

         Di dalam kelas B4 terdapat 17 murid dan 1 guru. Ketika kami memasuki ruang kelas, adik-adik kelas B4 sudah memulai kegiatan dengan mengerjakan buku tugas mereka tentang berhitung dan mewarnai. Setelah kami, kami dipersilahkan untuk memperkenalkan diri oleh guru yang mendampingi kelas tersebut, dan kemudian dilanjutkan dengan membawakan materi yang akan kami ajarkan.

Kegiatan mengajar kelas B4; pengenalan Pancasila
         Materi dan kegiatan yang kami siapkan adalah lembar mewarnai dan mencocokan gambar pancasila. Kami sengaja memilih materi yang ringan dan tidak membosankan untuk anak-anak usia TK. Karena, pada usia ini daya tangkap anak-anak akan lebih cepat dengan melakukan kegiatan motorik dan penjelasan yang singkat. Untuk memulai kegiatan kami membuka dengan menanyakan apakah anak-anak tersebut sudah mengenal Pancasila, ternyata anak-anak tersebut sudah hafal dan mampu menyebutkan Pancasila secara urut. Kami mengajak adik-adik tersebut untuk bersama-sama menyebutkan Pancasila, lalu dilanjutkan dengan kegiatan mencocokkan gambar. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak tersebut mampu mengenali simbol atau lambang setiap sila dari Pancasila.


Murid-murid kelas B4

Kegiatan mengajar kelas B4, mengerjakan lembar kerja mencocokkan gambar

Membagikan lembar kerja mencocokkan gambar (1)

Membagikan lembar kerja mencocokan gambar (2)

         Setelah mencocokkan gambar selesai, kami lanjutkan dengan kegiatan mewarnai gambar Garuda Pancasila. Adik-adik tersebut bisa bebas berkreasi dengan kegiatan mewarnai ini dan juga mengenali lambang Pancasila.

Mendampingi adik-adik mewarnai (1)

Adik-adik kelas B4 sedang mengerjakan lembar mewarnai

Mendampingi adik-adik mewarnai (2)

Kegiatan mewarnai sambil belajar mengenai Pancasila

        Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan mengajar dan hasil lembar kerja anak-anak murid dan daftar hadir anggota tim pengajar. 

Daftar mengajar hari kedua

Kegiatan mencocokkan gambar kelas B4 oleh Haykal

Hasil mewarnai Jojo kelas B4

Hasil mewarnai Aisyah kelas B3

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 1 - Survey TK BHAKTI YKKP - Character Building : Pancasila - BINUS University

Proposal Character Building: Pancasila (Program Kampanye Nilai-Nilai Persatuan melalui Kegiatan Keterampilan dan Bermain di Taman Kanak-Kanak)