CHARACTER BUILDING BINUSIAN 2021 - LC51
Pada hari Rabu, 9 Mei 2018, kelompok 2 tim pengajar melaksanakan kegiatan
mengajar hari pertama di TK Bhakti YKKP, dengan anggota yang hadir:
1.
Lydia
Easterina Elisabeth Kambey (2101701001)
2.
Alissya
Yasmine Maharani (2101707283)
3.
Prima Sekar
Veda Uno (2101709603)
4.
Mauritius
Mangiring Hutabarat (2101714414)
5.
Reyhan Pranantha (2101685396)
Masing-masing anggota kelompok
berangkat menuju lokasi mengajar. Kami berkumpul pukul 07:30 WIB, karena
kegiatan mengajar di TK Bhakti YKKP dimulai pukul 07:30 WIB. Setelah sampai di
lokasi mengajar, kami segera melapor pada satpam untuk bertemu dengan Ibu
Kepala Sekolah, Ibu Nining, untuk melakukan administrasi dan meminta arahan
menuju kelas.
 |
Murid-murid berbaris sebelum masuk kelas. |
Kami diarahkan menuju kantor Ibu Nining, lalu melakukan administrasi. Kegiatan
mengajar pada hari itu dimulai dengan berbaris di lapangan upacara. Anak-anak
murid baris sesuai kelasnya bersama dengan guru kelas masing-masing. Setelah
berbaris, anak-anak masuk ke dalam kelas.
Setelah
anak-anak masuk ke dalam kelas, kami diarahkan Ibu Nining ke kelas tempat kami
mengajar, yaitu kelas B3 dan B4. Kelas B3 diisi oleh Veda dan Sasya, sedangkan
B4 oleh Lydia, Mauritius dan Reyhan.
 |
Kegiatan mencocokkan gambar kelas B3 oleh Vier
|
Tim pengajar kelas B3 adalah Alissya Yasmine dan Veda Uno. Kegiatan mengajar dimulai dengan mengajarkan tentang Pancasila, pertama
kami menjelaskan tentang arti lambang burung Garuda. Jumlah bulu yang ada di
burung garuda Pancasila.
Lalu dilanjutkan dengan sedikit permainan bersama
adik-adik kelas B3. Seteah permainan, dilanjutkan dengan mewarnai burung garuda sesuai dengan
kreasi mereka.
Setelah semua kegiatan selesai kami melanjutkan dengan aktifitas berikutnya,
yaitu mencocokkan gambar dari setiap sila Pancasila dengan sila yang sesuai. Selama mengerjakan aktifitas tersebut, kami juga mendampingi dan menjelaskan gambar-gambar tersebut. Setelah selesai mengerjakan semuanya, kami berpamitan lalu foto bersama.
 |
Pengenalan Pancasila |
 |
Adik-adik kelas B3 dengan hasil karya mewarnai (1) |
 |
Adik-adik kelas B3 mewarnai lambang garuda Pancasila |
 |
Mendampingi adik-adik mewarnai |
 |
Kelas B4 |
Di dalam
kelas B4 terdapat 17 murid dan 1 guru. Ketika kami memasuki ruang kelas, adik-adik kelas B4 sudah memulai kegiatan dengan mengerjakan buku tugas mereka tentang berhitung
dan mewarnai. Setelah kami, kami dipersilahkan untuk memperkenalkan diri oleh
guru yang mendampingi kelas tersebut, dan kemudian dilanjutkan dengan
membawakan materi yang akan kami ajarkan.
 |
Kegiatan mengajar kelas B4; pengenalan Pancasila |
Materi dan
kegiatan yang kami siapkan adalah lembar mewarnai dan mencocokan gambar
pancasila. Kami sengaja memilih materi yang ringan dan tidak membosankan untuk
anak-anak usia TK. Karena, pada usia ini daya tangkap anak-anak akan lebih
cepat dengan melakukan kegiatan motorik dan penjelasan yang singkat. Untuk
memulai kegiatan kami membuka dengan menanyakan apakah anak-anak tersebut sudah
mengenal Pancasila, ternyata anak-anak tersebut sudah hafal dan mampu
menyebutkan Pancasila secara urut. Kami mengajak adik-adik tersebut untuk
bersama-sama menyebutkan Pancasila, lalu dilanjutkan dengan kegiatan
mencocokkan gambar. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak tersebut mampu
mengenali simbol atau lambang setiap sila dari Pancasila.
 |
Murid-murid kelas B4 |
 |
Kegiatan mengajar kelas B4, mengerjakan lembar kerja mencocokkan gambar |
 |
Membagikan lembar kerja mencocokkan gambar (1) |
 |
Kegiatan mewarnai sambil belajar mengenai Pancasila |
Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan
mengajar dan hasil lembar kerja anak-anak murid dan daftar hadir anggota tim
pengajar.
 |
Daftar mengajar hari kedua
|
 |
Kegiatan mencocokkan gambar kelas B4 oleh Haykal |
 |
Hasil mewarnai Jojo kelas B4 |
 |
Hasil mewarnai Aisyah kelas B3 |
Comments
Post a Comment